tvlabcomm@gmail.com - 0818 936 046 - 0812 271 77049

tvlabcomm@gmail.com - 0818 936 046 - 0812 271 77049
what are you looking for? I am down...

Thursday, April 19, 2007

Wawancara dengan Eltira FM - Jogja

Kemarin malam, tanggalnya jam berapa ya? saya diundang wawancara di Eltira FM Jogja untuk berbincang-bincang di acara talk show mereka. Kebetulan talkshownya membahas soal rencana workshop penulisan skenario yang bakal diadakan di Universitas Sanata Dharma Jogja, 21 April 2007 mendatang.

Saya didampingi mas Anton Andi Offset, dan diwawancarai dengan mbak..mbak...halah..saya lupa. Penyiarnya Eltira yang cantik itu siapa sih? Kok saya lupa namanya. Maaf ya Mbak, saya ini pelupa dan lugu gitu lho. Semoga suatu saat kita bisa berkenalan lagi. Lagi?

Kembali ke Laptop, talkshow membedah dunia penulisan skenario yang kebetulan adalah lahan pekerjaan saya. Kita bicara serius dan santai, ngebedah soal dunia menulis dan penulisan skenario yang sekarang lagi amburadul ini.

Amburadul? Ok deh, siapa diantara kalian yang senang sinetron? Siapa yang benci dan muntah nonton sinetron jiplakan? Nah, kalau anda angkat tangan, berarti saya juga melakukan hal yang sama!

Saya nih penulis skenario kesepian (cieee), saya mencoba untuk menulis yang tidak menjiplak dan ngawur dalam setiap skenario sinetron yang saya tulis. Saya menentang segala bentuk penjiplakan. Dan saya selalu protes ke teman-teman penulis skenario yang mau menerima order menjiplak!

"Atas nama perut dan uang bung Sony! Anda tolak tawaran itu?"

Ya Allah, kuatkan saya untuk tidak melakukan hal-hal seperti itu. Saya terbiasa lapar dan menderita. Biarkan saja saya baru menulis sekian episode. Belum menjadi penulis skenario yang selesai 100 episode per tahun. 1000 episode mungkin?

Ah sudahlah, mari bergerak berbuat yang lebih baik untuk tayangan TV kita. Jangan menjiplak, jangan bikin skenario-skenario yang membodohi. Saatnya bergerak.

salam

No comments: