"Lagu Bidadari dari Surga dan Iklan Axe"



Melihat tayangan televisi dengan menggunakan subyek & obyek anak di Indonesia adalah hal yang jarang dibuat dengan benar di Indonesia. Apa  itu subyek? Apa itu obyek? Kita mesti berdebat berkali-kali saat kita melihat tayangan televisi yang menampilkan seseorang atau sekelompok anak-anak di televisi. Acuan kita selama ini hanya di tataran : Menggemaskan dan Bebodoran!

Kita nggak pernah serius menggarap tayangan televisi dengan subyek/obyek anak. Kita nggak pernah berani menampilkan anak-anak dengan kemampuan berpikir dan kepribadian murni mereka, bukan sekedar bentukan script atau skenario. Kita sering memaksakan kehendak pencitraan anak-anak berdasarkan cara berpikir orang dewasa.

Lho? Saya ini sebenarnya mau ngomong apa sih?

Ada sih, beberapa acara televisi yang seolah-olah menunjukkan ajang olah bakat anak. Tapi perhatikan dengan hati nurani kita sendiri. Lihat kostum anak-anak yang kita bentuk di tubuh mereka. Berapa banyak polesan lipstik dan bedak kita taburkan di wajah mereka yang sama sekali masih polos. Lalu, kita memaksa mereka menjadi boneka-boneka yang riang gembira dan menari di bawah sorotan kamera televisi. Suatu waktu saya pernah ke TVRI melihat proses persiapan syuting acara anak-anak. Nah, betapa kagetnya saya ketika sekumpulan orang tua dari para calon 'artis-artis cilik' mendandani anak-anaknya dengan sepatu hak tinggi!!! Lengkap dengan gaun tank top ala orang dewasa.
Betapa kejamnya industri TV yang telah membuat anak-anak kehilangan kepribadian aslinya hanya karena tuntutan kamera, naskah dan cara pikir orang dewasa yang mengganggap anak-anak adalah Boneka Barbie! Tega sekali kita, yang berada di Industri televisi, memaksakan visual dan verbal yang sepantasnya tidak dipaksakan dalam tayangan anak-anak.
Akibatnya? Wajar saja kalau sekarang ada boyband anak-anak yang mengeksploitasi persoalan cinta dalam lagu dengan sangat vulgarnya.

Pernah dengar lagu yang syairnya seperti ini "..Oh bidadari, jatuh dari surga, dihadapanku, eaaaa.."  Lagu ini yang menyanyikan adalah Coboy Junior, anak-anak yang masih duduk di kelas SD? Dan tahukah Anda, lagu ini merujuk pada iklan AXE yang menampilkan visual seorang bidadari yang jatuh dari langit dan tiba-tiba menjadi terangsang dan meledakkan libido mereka pada sang pemakai minyak wangi AXE!

Sadarkah, sebenarnya lagu ini menggiring kita dan anak-anak kita untuk selalu tetap ingat iklan AXE yang membentuk pola pikir anak-anak yang menyanyikan lagu ini sebagai sebuah penggambaran : Bidadari yang terangsang?

Saya terlalu mengada-ada? Hmmmmm, silahkan tanya ke anak anda yang masih SD. Jika mendengar lagu ini dan tanyakan dengan visual iklan AXE di televisi. Tanyakan isi dan tanggapan tentang lagu ini. Pasti anda akan menemukan jawaban yang mengejutkan!

Ini masalah efek berantai. Bagi kita semua yang abai terhadap masalah ini, tentunya hanya menganggap biasa-biasa saja. Tapi bagi anak-anak yang menyanyikannya dan dibombardir dengan iklan visual vulgar, pikiran mereka akan mengacu ke hal tersebut. Dan sebenarnya, kita sedang membiarkan cara berpikir anak-anak kita agar menghubungkan arti lagu menjadi sebuah stigma negatif tentang "Bidadari dari Surga"

Saya terlalu mengada-ada? 

Semoga tidak,

Sony Adi Setyawan


Lirik Lagu Coboy Junior #eeeaa Lyrics

Browse: /  /  / 
Hei kamu hatiku dag dig dug
Saat aku melihatmu jatuh di hadapanku
Membuat aku buru-buru mendekatimu
Langsung ku tanyakan apa kau baik-baik saja
Kau bingung, ”memang aku jatuh darimana?”
*courtesy of LirikLaguIndonesia.Net
Kau bidadari jatuh dari surga di hadapanku eeeaa
Kau bidadari jatuh dari surga tepat di hatiku eeeaa
So baby please be mine, please be mine oh mine eeeaa
Karena hanya aku sang pangeran impianmu
Eeeaa eeeaa eeeaa eeeaa
Hei kamu hatiku dag dig dug
Saat aku melihatmu, ku tarik panjang nafasku
Mantapkan langkahku untuk mendekatimu
Langsung ku tanya maukah kamu jadi pacarku
Kau bingung, ”kenapa kamu suka sama aku?” (jawabannya)
Kau bidadari jatuh dari surga di hadapanku eeeaa
Kau bidadari jatuh dari surga tepat di hatiku eeeaa
So baby please be mine, please be mine oh mine eeeaa
Karena hanya aku sang pangeran impianmu
Eeeaa eeeaa eeeaa eeeaa
Andai kamu jadi gula, aku pasti semutnya
Kan ku seberangi lautan samudera
Hei hei baru kali ini aku jadi galau gini
Cepat terima aku, cinta pertamaku
Kau bidadari jatuh dari surga di hadapanku
(baby please be mine, eeeaa, baby please be mine)
Kau bidadari jatuh dari surga, kau di hatiku
(baby please be mine, eeeaa, baby please be mine)
Kau bidadari jatuh dari surga di hadapanku eeeaa
Kau bidadari jatuh dari surga tepat di hatiku eeeaa
So baby please be mine, please be mine oh mine eeeaa
Karena hanya aku sang pangeran impianmu
Eeeaa eeeaa eeeaa eeeaa
Ini lagu gombal tuk dapetin kamu
Ini lagu gombal tuk dapetin kamu

Comments