tvlabcomm@gmail.com - 0818 936 046 - 0812 271 77049

tvlabcomm@gmail.com - 0818 936 046 - 0812 271 77049
what are you looking for? I am down...

Sunday, August 17, 2008

Yayasan Srimulat



  1. LATAR BELAKANG


Yayasan Aneka Ria Srimulat adalah yayasan yang bergerak di bidang seni budaya dan produksi acara kesenian rakyat di televisi selama puluhan tahun. Di dirikan oleh Almarhum Teguh sebagai pimpinan grup kesenian Srimulat dan bertujuan menjadi wadah formal yang menampung aspirasi kreatifitas sumber daya manusia di dalamnya dan membaktikannya di masyarakat.

Pada tahun 2008, Eko Saputro pimpinan operasional yang diserahi mandat untuk meneruskan tradisi dan aktifitas yayasan Aneka Ria Srimulat, berencana mengaktifkan kembali kegiatan yayasan ini dengan mengembangkan kerja sama antar institusi (broadcast station, pemerintah, lembaga pendidikan dan partnership).

Langkah awalnya, dengan menggandeng pemerintah daerahi mengerjakan beberapa program televisi yang berbasis muatan lokal. Selain itu, yayasan ini mendapatkan tugas dari Pemerintah daerah untuk melakukan persiapan pembangunan stasiun televisi dan siaran jejaring. Di bidang pendidikan, yayasan Aneka Ria Srimulat juga berniat menggandeng TV Edukasi untuk melaksanakan pembuatan program pendidikan usia sekolah. Selain berkegiatan di wilayah daerah, yayasan Aneka Ria Srimulat saat ini sedang mengadakan kerja sama dengan televisi nasional untuk membuat program acara yang diproduksi mulai Oktober 2008


  1. PROPOSAL KEGIATAN

Untuk kegiatan awal, mulai 5 Oktober 2008, Yayasan Aneka Ria Srimulat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah hendak memproduksi sinetron penerangan yang akan di tayangkan di televisi lokal sebanyak 13 episode. Untuk persiapan berikutnya, 13 episode sinetron yang kelak akan ditayangkan di televisi lokal akan menjadi percontohan bagi kabupaten lainnya.

Tantangan berikutnya, beberapa Pemerintah Daerah di jawa Tengah berencana mendirikan stasiun televisi lokal yang dimulai pendiriannya awal 2009. Yayasan Aneka Ria Srimulat ditunjuk sebagai konsultan lokal dibidang perencanaan siaran dan pengadaan alat-alat penunjang kegiatan broadcasting.

Per Nopember 2008, Yayasan Aneka Ria Srimulat merencanakan workshop pembuatan acara televisi yang melibatkan unsur pendidikan SMA dan Universitas. Workshop akan digelar selama 3 hari yang bertujuan mendidik para peserta memahami teknik dasar perancangan program dan produksi tayangan televisi.


Workshop ini akan menggandeng pihak Pemerintah Daerah, Dinas Pendidikan, Institusi dan Mitra Kerja Profesional.


  1. PATNERSHIP

Demi mewujudkan cita-cita dan kegiatan yang telah disebutkan di atas, Yayasan Srimulat berniat mengajak kerja sama kepada mitra kerja atau pihak sponsor yang tertarik mendukung kegiatan. Kerja sama yang di harapkan adalah sebagai berikut :

Pengadaan Peralatan Kamera dan Video Editor


Untuk menjalankan kegiatan awal berupa syuting sinetron 13 episode di bulan Oktober 2008, yayasan Aneka Ria Srimulat mengajak kerja sama dengan pihak sponsor untuk membantu penyediaan peralatan Kamera dan Video Editor. Benefit yang ditawarkan dari kegiatan ini antara lain :

  • Pihak Yayasan akan memberikan slot iklan gratis kepada pihak sponsor untuk ditayangkan di televisi lokal. Jumlah dan durasi iklan dibicarakan lebih lanjut.
  • Pihak Yayasan akan merekomendasikan peralatan yang diberikan pihak sponsor kepada pemerintah daerah Surakarta dan Boyolali, untuk persiapan pembuatan televisi lokal dan penyediaan peralatan broadcast untuk kebutuhan lainnya.
  • Pihak Yayasan membantu memberikan akses penawaran kepada pihak pemerintah daerah dan membantu melakukan presentasi penawaran peralatan kepada pihak sponsor.
  • Pihak Yayasan akan melakukan co. Branding bersama selama jangka waktu yang akan disepakati di kemudian hari dengan prinsip saling menguntungkan.
  • Pihak Yayasan akan menggunakan peralatan bantuan dari pihak sponsor dengan sebaik-baiknya dan berusaha memproduksi tayangan yang berkualitas.
  • Peralatan Kamera dan Video Editor akan digunakan pula untuk kegiatan pendidikan berupa workshop video atau perancangan program televisi di Jawa Tengah.
  • Pengadaan peralatan yang disediakan pihak sponsorship kepada yayasan bersifat hibah.

Workshop & Pendidikan


Yayasan Aneka Ria Srimulat merasa bertanggung jawab untuk memajukan pendidikan di bidang videografi dan perancangan acara televisi di kota Surakarta dan

sekitarnya. Untuk itu, pihak yayasan berupaya mencari mitra kerja atau pihak sponsor yang tertarik mengembangkan kegiatan tersebut.

Yang dibutuhkan dalam pola kerja sama ini adalah :

  • Pendanaan dalam bentuk uang dan fasilitas selama workshop berlangsung.
  • Peminjaman peralatan kamera dan video editor untuk para peserta workshop
  • Adanya tenaga pendidik atau wakil dari mitra kerja atau pihak sponsor untuk menerangkan dengan jelas dalam sisi teknik maupun edukasi.

Pengembangan di Masa Depan

Yayasan Aneka Ria Srimulat berencana mengembangkan program kemitraan dan jasa konsultan bagi setiap mitra kerja atau pihak sponsor dalam pola kerja sama saling menguntungkan. Kami bertindak atas nama yayasan Aneka Ria Srimulat melihat potensi besar mengembangkan industri televisi dan videografi dari tingkatan lokal. Adanya rencana dari setiap pemerintah setingkat kabupaten di wilayah Jawa tengah yang tertarik menerjuni dunia broadcast, menjadi sebuah peluang dan tantangan. Semakin bertumbuhnya stasiun televisi lokal dan berdirinya berbagai jenis usaha yang memanfaatkan peralatan video editing dan kamera, membuat kami yakin menawarkan bentuk kerja sama kepada Anda.

Kami yakin dapat mengembangkan pola kerja sama yang lebih baik dan saling menguntungkan. Tidak lepas dengan prinsip idealisme kami yaitu memajukan dunia pendidikan, kreatifitas dan kesenian di daerah, serta memberikan wacana kearifan lokal menuju wacana nasional.

Semoga maksud dan tujuan kami mendapat sambutan dari para mitra kerja. Kami siap menunggu setiap respon dan jawaban dari Anda.


Eko Saputro, Pimpinan Operasional 0817 269 042

Sony Set, Tim Kreatif 0818 936 046 – 085 737 080 149

No comments: