Workshop Game Developer for Kids



Hari Rabu dan Kamis, tgl 26 dan 27 Desember, saya diundang mbak @unilubis , GMnya ANTEVE, untuk mengajari anaknya dan teman-temannya untuk belajar membuat game Mobile (Android). Saya sengaja menyanggupi tantangan beliau, karena pada saat yang sama, saya sedang mempersiapkan sebuah proyek bersama Mbak Amy. Kami menyebutnya dengan nama proyek ULINULIN. Proyek tentang pembuatan aplikasi Travel dan Hotel untuk gadget Android, Windows Mobile, IOS dan Windows 8.

Nah, kembali ke workshop game developer untuk anak, saya sebenarnya hanya ingin menguji coba kemampuan saya untuk menyalurkan sedikit kemampuan saya untuk memberikan pengalaman membuat game dengan cara mudah buat anak-anak. Tapi, tantangan yang diberikan mbak Unilubis adalah bagaimana menghandel sekitar 15 anak sekaligus!

Waduh....

Bisa dibayangkan anak-anak yang sebenarnya masih duduk di bangku sekolah dasar ini harus dikumpulkan dalam ruangan kantor di EPICENTRUM ANTEVE. 15 orang berusaha fokus untuk belajar membuat game.


Dan ini suasana kelas Game Developer Workshop for Kids


Kebetulan saya jadi pengajar untuk kelas ini. Sebuah tantangan yang luar biasa dan harus saya coba. Karena ini workshop pertama kali di Indonesia yang mengajarkan anak usia SD belajar bikin Game.

Come on.... Anda pasti bingung dengan rencana saya ini. Yap, saya menggunakan sebuah Engine pembuat game Android yang bernama Game Maker Studio. Engine ini bisa anda cek di http://www.yoyogames.com
Engine ini sangat mempermudah kita untuk membuat berbagai macam game. Dari sekedar game ala angry birds sampai game yang cukup rumit dengan memanfaatkan Physics engine dan lain-lain. Eit....lha, apakah anak-anak ini juga belajar sampai tingkatan Physics Engine?

Gini, saya mencoba memberikan pelajaran dasar membuat game buat mereka dengan cara membuat game yang berbasis touchscreen. Gamenya berupa menekan obyek dan memusnahkannya.


Engine Game Maker Studio dapat di install di komputer Mac dan Windows. Sangat menarik untuk mempelajari engine ini. Apalagi Game Maker Studio punya kemampuan porting ke Windows Phone dan Windows 8. Bahkan, sangat mudah apabila kita ingin mengcompile ke iOS atau HTML5.

Saya mencoba mengajar anak-anak ini pelan-pelan. Mereka harus diberikan pengertian untuk membuat game yang sederhana. Saya cukup terkejut dengan antusias mereka yang tertarik membuat game yang bisa dijual. Whaaaaaa.......

Workshop 2 hari ini akhirnya menghasilkan berbagai macam karya yang akan ditampilkan di Google Play. Tunggu dalam 2 hari mendatang, karya anak2 ini akan bisa didownload.

Salam


Sony Adi Setyawan
Epicentrum ANTV, 26-27 desember 2012

Comments