tvlabcomm@gmail.com - 0818 936 046 - 0812 271 77049

tvlabcomm@gmail.com - 0818 936 046 - 0812 271 77049
what are you looking for? I am down...

Tuesday, August 16, 2011

Upacara 17 Agustus Jogja Jakarta

Rekan,

Besok di tanggal 17 Agustus 2011, kita bersatu merayakan peringatan 66 tahun kemerdekaan R.I. Kita percaya bahwa kita masih punya semangat untuk membuat segala hal menjadi lebih baik. Untuk itu, kami dari Galangpress Digital Jogja dengan dukungan penuh dari rekan-rekan Kaca Kedaulatan Rakyat dan rekan-rekan XL Axiata akan menyelenggarakan peringatan 17 Agustus 2011 dengan gaya Jogja :

Detail acara

Pitulasan

17/8 Pukul 19.00 WIB Lokasi di halaman XL Mangkubumi Yogyakarta

Agendanya : Angkringan DIY, talkshow paling blak-blakan penuh nuansa humor yang dibawakan Den Baguse Ngarso dan Marwoto. Pengumuman lomba foto HP 17an DIY plus penyerahan hadiah, pentas penampilan Akapela Edan, dipimpin Mas Pardiman, diskusi teman-teman Blogger Jogja, Twitterians dan komunitas Fesbuqiyah Jogja tentang Korupsi dan Kemerdekaan. Dihadiri Gusti Prabu, Pambayun, 30 elemen perwakilan gerakan Jogja Istimewa, teman-teman jaringan komunitas Jogja. Turut mengundang : - Rekan-rekan Gusdurian dan Alissa Wahid, perwakilan SMA se jogja, Komunitas. Dihibur dengan berbagai pertunjukan seni Didi Nini Thowok. Free Flow : Es Teh, Teh panas, Nasi Kucing, Sate, gorengan dll. PIC: Sony Set twitter @jbdkdiy

Di hari yang sama, kami bergandengan tangan dengan teman-teman Twitter dan Blogger se Indonesia (Blogger Ambon, Solo, Surabaya, Medan, Jakarta, Salingsilang.com, Id-optimis, Obsat dan seluruh komunitas digital) mengadakan upacara Kerek Bendera.

Ini tahun yang paling menentukan bagi kita semua yang mencintai Indonesia dengan cara sebisa apapun. Mari bergabung merayakannya dan buktikan, bahwa Indonesia masih ada dan tetap selalu ada. Mari berjanji untuk bersama memperbaiki negeri ini dari hal-hal yang telah merusaknya sedemikian rupa.

Harapan itu masih ada, kawan! Berjuang!

Merdeka!

Sony Set

Galangpress Digital Jogja (Digital Publisher, Android Developer, IOS Developer, Digital Corp., Jogja Istimewa)

http://tvlab.blogspot.com

Tentang 17an dan upacara Kerek Bendera, silahkan cek email dari Mas Pungkas di bawah ini :

Pungkas Riandika

berikut ini press release terbaru dengan tambahan:

- agenda @alissawahid

- revisi link video http://bit.ly/video_17an

- agenda @jbdkdiy Jogja

- agenda @intanAP @kotakatak

- list komunitas @oktorarahadi

saya undang Reply All kawan-kawan dari radio juga untuk menambah

semarak. Untuk meneruskan revisi update press release saya hand over

ke @leonisecret mulai dari lampiran terkini, tambahan materi dan

korespondensi media berikutnya silahkan kontak LeonitaJulian@gmail.com

Mari bersiap.

MERDEKA!

Siapa bilang semangat perjuangan 45’ sudah terkubur di antara teradaptasinya tekhnologi asing di Indonesia? Buktinya sejak 2009, Nasionalisme generasi muda justru bangkit dan menyatu hanya melalui tagar #IndonesiaUnite di twitter, karena kesamaan rasa dan tujuan. Tahun 2010, kita juga menyaksikan Nasionalisme anak bangsa yang tergerak saat dilakukannya Upacara 17 Agustus secara digital untuk pertama kalinya. Tahun ini,berbagai komunitas digital Indonesia siap memberi kejutan lagi, tidak hanya upacara digital yang lebih seru dan menarik, tetapi juga akan melibatkan seluruh anak bangsa untuk bersatu padu mengusahakan Sang Saka Merah Putih mencapai puncak tertinggi di salah satu gedung di Ibu Kota hanya melalui gadgetnya, di manapun mereka berada.

Indonesia sebagai sebuah bangsa yang telah tumbuh 66 tahun melahirkan banyak komunitas beranggotakan banyak generasi muda yang terus-menerus berkarya yang terbaik untuk diri mereka dan komunitasnya. Ketika Indonesia berulang tahun mereka dengan segala kemampuan yang dimiliki berusaha memberikan yang terbaik. Dimulai dari pertemuan di awal Bulan Juli 2011 di Yogyakarta, beberapa komunitas yang cinta terhadap Indonesia saling menyampaikan rencana mereka dalam menyambut 17 Agustus tahun ini, dan muncullah ide untuk menyatukan dalam sebuah rangkaian acara demi memberikan kado terbaik bagi Indonesia. Sampai berita ini ditulis, kegiatan yang akan dilakukan oleh berbagai komunitas tersebut adalah sebagai berikut (ditulis berdasarkan urutan waktu pelaksanaan) :

Teater 17an di oleh kolaborasi 20 SMA di Yogyakarta (Komunitas Anak Bangsa)

Tanggal 16/8 pukul 19.30 WIB di Taman Budaya Yogyakarta

Menyelenggarakan Pentas Teater Pitulasan “Di Langitku Hanya Ada 1 Bendera”. PIC: alissa.wahid@gmail.com @alissawahid

17an di Facebook oleh IndonesiaUnite

Tanggal 15/8 – 19/8 di IndonesiaUnite Facebook Fanpage

Membawa perayaan 17an dari offline ke facebook, meramaikan facebook dengan nuansa perayaan atau moment 17an.

Caranya:

Upload foto moment/perayaan 17-an di lokasi masing-masing ke Fanpage http://www.facebook.com/indonesiaunite (contoh: lomba 17an, karnaval, paskibra, upacara)

Partisipasi sharing cerita seputar moment 17an dan inspiring hero di status updates fanpage IndonesiaUnite

Upacara Bendera Digital oleh ID-Optimis.org

Tanggal 17/8 Pukul 07.30 – 10.30 WIB di situs www.id-optimis.org dan twitter @ID_Optimis

Pada 17 Agustus 2011 ini adalah kali ketiga kami melakukan aksi setelah Upacara Bendera Digital 17 Agustus 2010 dan Kongres Pemuda Digital 28 Oktober 2010, yang untuk membangkitkan nasionalisme generasi muda kami pilih salah satunya melalui dipilihlah 17 Agustus 2010 sebagai tonggak dimana kita akan mengadakan upacara bendera digital berbasis digital. Kalau tahun lalu Pembina upacara yang bisa dipilih adalah Iwan Esjepe dari Indonesia Bertindak, Pandji Pragiwaksono dari #IndonesiaUnite, dan Wicaksono Ndorokakung seorang blogger dan social media aktivis, maka tahun ini ID-Optimis menawarkan kepada para netizen siapakah yang pantas memberikan amanat pada upacara dan terjaringlah banyak nama namun yang kemudian bersedia adalah Bapak Anies Baswedan Rektor Universitas Paramadina, Andrew Darwis dari KASKUS, Iwan Setyawan seorang penulis , Iman Brotoseno seorang Film Director & Photographer dan ada beberapa yang masih dalam konfirmasi sampai berita ini ditulis. Yang paling mengejutkan adalah yang akan membacakan Doa Kemerdekaan adalah Gus Mus yang sudah bersedia secara khusus untuk upacara bendera digital.

Ini adalah upacara yang kami lakukan melalui medium website di www.id-optimis.org dan didukung oleh akun twitter @ID_Optimis serta checkin bersama melalui jejaring Foursquare di Monumen Tugu Proklamasi tempat dilaksanakan upacara bangsa ini untuk pertama kalinya. Hal yang baru dibandingkan tahun lalu adalah pada tahun ini pemilihan petugas upacara dilakukan dengan casting melalui medium jejaring sosial dimana yang bersedia menjadi petugas upacara bendera mengajukan diri dan direview oleh tim ID-Optimis.org tanpa melihat dari daerah mana di Indonesia dia berasal, kemudian Pembina upacara juga ditentukan berdasarkan usulan dari audience di jejaring sosial dimana semua orang bebas mengajukan siapapun untuk dijadikan Pembina upacara. Mulai pukul 07.00 @ID_Optimis melalui twitter akan bertindak selaku protokoler yang memandu acara dari menit ke menitnya dan untuk mendukung tampilan audience bisa mengunjungi website www.id-optimis.org dan melihat apa yang biasanya dalam upacara namun Pembina upacara bisa dipilih mana yang kita sukai.

Agenda acara

16/8 Pukul 16.00 : Pengecekan lokasi upacara di www.id-optimis.org & juga venue Foursquare di http://bit.ly/proklamasi

17/8 Pukul 07.00 : Kedatangan peserta upacara di www.id-optimis.org & checkin Foursquare di http://bit.ly/proklamasi

17/8 Pukul 08.00 : @ID_Optimis akan memulai protokoler dan dipersilahkan isi buku tamu untuk sebar semangat

17/8 Pukul 10.00 : Mengheningkan timeline 1 menit untuk hormati detik detik proklamasi

17/8 Pukul 10.05 : Pembacaan teks Proklamasi

17/8 Pukul 10.15 : Amanat Pembina upacara dan doa kemerdekaan oleh Gus Mus

Bila ada hal yang hendak ditanyakan bisa menghubungi ID_Optimis.org di email id.optimis@gmail.com atau salah satu pegiat ID-Optimis.org saudara Affi Khresna di 0818652558.

Kerek Bendera Rame Rame #17an

Tanggal 17/8 Pukul 10.00 – 17.00 di fX Jakarta dan situs www.17an.org

Kapan lagi seluruh anak bangsa serentak menjadi pengerek Bendera Merah Putih rame-rame hanya melalui gadgetnya?

Siapapun kita, di manapun kita, jari kita dapat berpartisipasi mengerek bendera Merah Putih di salah satu gedung di Ibu Kota Indonesia. Inilah bentuk kreativitas anak bangsa. Untuk pertamakalinya secara Nasional, sebuah inisiatif generasi muda Indonesia untuk kerek bendera Merah Putih rame-rame. Menyatukan anak bangsa untuk berperan sebagai pengibar bendera bersama-sama hanya melalui tagar #17an di setiap tweet atau via SMS.

Agenda acara

  1. Kick off upacara bendera di dalam gedung fX
  2. Setelah selesai kick-off akan dilanjutkan dengan entertainment, workshop dan games di dalam gedung fX
  3. Saat selesai kick of upacara bendera di dalam Gedung, "Kerek Bendera Rame-Rame secara Nasional" via twitter dengan tagar #17an dan SMS pada tanggal 17 Agustus 2011 mulai dari jam 00:00 hingga jam 23.59 WIB. Skema bisa dilihat di situs www.17an.org. Tiang Bendera untuk "kerek Bendera Rame-Rame secara Nasional ini" berada di luar bagian dengan bangunan fX LIfestyle X'nter, dan akan ada milestone jumlah tweet dengan tagar #17an dan SMS yang sudah tercapai. Setiap Milestone akan dikerek benderanya, di foto angkanya dan di sebar di jejaring sosial.
  4. Tiang Bendera tersebut juga sebagai tempat buat publik maupun figur publik dan artis untuk bisa berfoto bareng sambil berpose menarik tali utk mengerek bendera. Selain itu bisa dipinjamkan juga, bendera kecil, syal, rambut gimbal, dst yang berwarna merah putih untuk jadi prosps saat berfoto di depan tiang bendera merah putih.

Konten tweeting sebagai materi, misalnya Khazanah kuliner Indonesia, foto, video, maupun tulisan (blog, tweet); khazanah Musik Indonesia, artikel, lirik, profil alat musik, profil band, musisi; khazanah Kebudayaan Indonesia, artikel tulisan, foto, lirik, profil, karya; khazanah yang berisi pahlawan-pahlawan Indonesia, pejuang kemerdekaan, atlet, atau musisi & artis berprestasi.

Tepat tanggal 17 Agustus 2011, semua materi yang terkumpul dari hari Senin hingga Kamis dijadikan material yang siap di RT (retweet) saat menaikkan bendera via twitter.

Sepanjang perayaan kemerdekaan 17 Agustus, semua tagar (hashtag) #17an akan diproses menjadi:

  1. Semua twit yg mengandung #17an akan ditangkap di http://www.17an.org
  2. Semua SMS menuju sebuah nomor akan ditangkap dan dicatat di http://www.17an.org juga
  3. Semua foto yg mengandung #17an juga untuk ditangkap dan ditampilkan menjadi semacam "wall" di www.17an.org
  4. Akumulasi tagar #17an yang tertangkap akan menjadi acuan kita mengibarkan bendera di fX.

Video Karaoke #17an

17/8 Pukul 10.20 WIB melalui http://bit.ly/video_17an

Kebersamaan masyarakat Indonesia menyanyikan sebuah lagu sebagai ekspresi persatuan yang senada pada keberagaman. Berbagai kalangan masyarakat menyanyikan lagu “Pancasila Rumah Kita” ciptaan Franky Sahilatua yang di aransemen ulang oleh Glenn Fredly.

Berikut ini wawancara @GlennFredly oleh @ninterview tentang alasan kenapa perlu bersatu dalam keberagaman (http://mlsbgt.de/ptOn2U). Tim produksi akan merekam lebih dari 50 penyumbang nyanyian dalam format potongan video klip yang disambung menjadi kompilasi satu lagu penuh. Audiens diminta menyanyikan ulang lagu ini seperti yang dicontohkan @GlennFredly di http://mlsbgt.de/qe8Ojs. Video yang sudah dikompilasi ini akan ditayangkan hanya di internet di http://bit.ly/video_17an pada tanggal 17 Agustus 2011 tepat setelah merah putih satu tiang penuh jam 10.20 WIB di upacara bendera digital @id_optimis.

Akademi Berbagi #AkberAnjal #17an oleh Akademi Berbagi

17/8 Pukul 15.00 WIB

Kelas Akber bersama Anak Jalanan di Bantar Gebang. Kelasnya akan berbicara tentang pola pikir kreatif, dengan pengajar Pidibaiq dan Motulz. Akan ada juga upacara bendera kreatif, dan buka bersama serta tumpeng 17 Agustus. PIC: ainun.chomsun@gmail.com @pasarsapi

Pitulasan

17/8 Pukul 19.00 WIB Lokasi di halaman XL Mangkubumi Yogyakarta

Agendanya : Angkringan DIY, talkshow paling blak-blakan penuh nuansa humor yang dibawakan Den Baguse Ngarso dan Marwoto. Pengumuman lomba foto HP 17an DIY plus penyerahan hadiah, pentas penampilan Akapela Edan, dipimpin Mas Pardiman, diskusi teman-teman Blogger Jogja, Twitterians dan komunitas Fesbuqiyah Jogja tentang Korupsi dan Kemerdekaan. Dihadiri Gusti Prabu, Pambayun, 30 elemen perwakilan gerakan Jogja Istimewa, teman-teman jaringan komunitas Jogja. Turut mengundang : - Rekan-rekan Gusdurian dan Alissa Wahid, perwakilan SMA se jogja, Komunitas. Dihibur dengan berbagai pertunjukan seni Didi Nini Thowok. Free Flow : Es Teh, Teh panas, Nasi Kucing, Sate, gorengan dll. PIC: Sony Set twitter @jbdkdiy

Live Talkshow #17an oleh Twitalk

17/8 Pukul 20.00 WIB di twitter melalui akun @twitalkID

Live talkshow melalui medium twitter bersama seorang tokoh nasional di twitter. Tersedia slot 10 pertanyaan yang dihimpun dari audiens. Akun @twitalkID akan berlaku sebagai Host yang memandu acara. PIC: @pungkas pungkasriandika@gmail.com

Selain semua aksi diatas dalam perencanaan oleh beberapa komunitas social media akan ada aktivitas lain yang dapat dilakukan untuk berpartisipasi meramaikan 17an di social media, adalah dengan me-#MerahPutih-kan social media dengan cara:

  1. Instagram, memenuhi Halaman Popular Photo Worldwide dengan warna merah putih
  2. Facebook dan Twitter, dengan profil picture bernuansa Merah Putih dan twibbon
  3. Blog, dengan menggunakan Ribbon Merah Putih
  4. Materi tweet antara lain dari IndonesiaUnite, @ID_Optimis @id_17an @kotakatak @pengajarmuda @penyala @IDcerita @greatindonesia @bincangedukasi @pojokpendidikan dan @indonesiaGO dan berbagai komunitas yang sharing menggunakan hashtag #17an

Telah tersedia juga sumbangan aplikasi #17an untuk BlackBerry, berupa:

  1. BlackBerry Themes #17an oleh @idberry free download di http://www.diodinodilly.com/?p=3176
  2. BlackBerry Application #17an oleh @7LangitApps free download di http://prm.li/17an

Siapapun dapat merayakan kemerdekaan RI di tempat masing-masing dengan caranya masing-masing melalui online ataupun offline. Kami hanyalah sebagian kecil penggiat cinta Indonesia yang tidak berbasis lembaga tertentu, hanya kumpulan orang-orang yang punya semangat menyatukan keberagaman. Beberapa aktivitas di atas hanyalah sebagian kecil dari aktivitas perayaan 17an kreasi generasi muda. Kami yakin masih banyak sekali generasi muda lain yang memiliki kreativitas hebat untuk berpartisipasi dalam merayakan Kemerdekaan RI. Dengan ini, kami mohon dukungan teman-teman untuk berpartisipasi memeriahkan, dan kami pun siap mendukung ide apapun dari anak bangsa yang lain demi Indonesia yang lebih baik.

MERDEKA !


No comments: