tvlabcomm@gmail.com - 0818 936 046 - 0812 271 77049

tvlabcomm@gmail.com - 0818 936 046 - 0812 271 77049
what are you looking for? I am down...

Tuesday, December 23, 2008

Karya baru akhir tahun dan Resensi Bukunya


Telah terbit buku "Menjadi Perancang Program Televisi Profesional, Sony Set"


Rekan,

diberitakan dengan penuh rasa syukur dan sukacita, buku saya yang terbaru telah terbit.

Judulnya "Menjadi Perancang Program Televisi Profesional"
Penerbit : Andi Publisher Jogjakarta
http://www.andipublisher.com
Penulis : Sony Set.




Isi buku ini membedah cara menulis berbagai macam naskah realty show, Program Audisi (TV Contest), program Komedi, tayangan drama anak dan berbagai macam bahasan tentang cara kerja stasiun televisi nasional.

Buku ini tersedia di berbagai toko buku di seluiruh Indonesia. Karena saya baru mendapatkannya hari ini langsung dari penerbit, kemungkinan baru bisa tersedia secara massal :) mulai awal januari.

Jadi? Mari membacanya dan Jangan Bugil di Depan Kamera!

Salam JBDK!

Sony Set
http://tvLab.blogspot.com




Resensi Buku :

MENJADI PERANCANG PROGRAM TELEVISI PROFESIONAL
Penulis : Sony Set
x + 246 halaman
penerbit : Andi Offset
Genre : Television Broadcast, Kreatif, Penulisan Naskah
Tersedia di seluruh Toko Buku di Indonesia


Membaca buku "Menjadi Perancang Program Televisi Profesional" bagaikan mendapatkan sebuah wacana gado-gado komplit tentang bagaimana cara dan tip n' trik menulis naskah program televisi. Jika selama ini, kita sering membaca berbagai macam buku tentang penulisan skenario drama yang melulu menggunakan pendekatan kacamata production house, kali ini kita mendapatkan sebuah buku yang ditulis oleh orang yang berkecimpung di dunia Broadcast atau di pusat kreatif stasiun televisi.

Apa bedanya broadcast dan production house? Secara lengkap, buku ini membahas bagaimana para pekerja TV Broadcast mempersiapkan naskah kreatif untuk membuat berbagai macam acara seperti TV Games, TV Sinema, TV Drama, Realty Show dan beberapa acara televisi lainnya. Sistematika kerja "Orang TV" juga dibahas dengan menarik, kita bisa melihat bagan organisasi kerja stasiun televisi, bagaimana memahami rating televisi hingga suguhan grafis TV Share dan TV Rating yang selama ini tidak diketahui masyarakat awam.

Selain itu, pembahasan bab penulisan naskah juga disajikan dengan komplit. Pembaca bisa mempelajari bagaimana membuat naskah realty show (di dalam buku ini diterangkan cara membuat naskah drama ala drama anak-anak, komedi, realty show Dokter dan naskah program Audisi (Kontes skala besar)).

Tidak ketinggalan diberikan contoh membuat naskah drama (sinetron) yang menarik untuk anak-anak dan dewasa. Secara garis besar, buku ini mampu menyumbang perbendaharaan wacana produksi kreatif televisi di Indonesia dengan cukup lengkap. Mungkin ini satu-satunya buku yang memotret dengan lengkap sistem produksi dan kreatif televisi nasional.

Penulis Buku ini bernama Sony Set., seorang pekerja dunia broadcast dan penulis super kreatif yang pada tahun 2007-2008 menggegerkan jagad wacana dengan buku "500+ Gelombang Video Porno Indonesia - Jangan Bugil di Depan Kamera!", Andi Publisher Jogjakarta. Ia juga memberikan contoh pada bab terakhir dari buku ini "Jalan Alternatif Merancang Program Televisi", bagaimana ia menggunakan wacana kreatif - idealisme, berupa kampanye "Jangan Bugil di Depan Kamera!" yang dari tahun 2007-2008 telah diliput dan dibuatkan program tayangan oleh berbagai stasiun televisi nasional.

Jika ada kekurangan dari buku ini, menurut saya, buku ini kurang tebal! Seharusnya penulis buku ini memberikan contoh hingga 1000 halaman :). Tetapi, jika sidang pembaca semua membutuhkan sebuah buku yang menarik tentang dunia kreatif di stasiun televisi nasional di Indonesia, sudah sewajibnya Anda memiliki buku ini. Cocok untuk mahasiswa Komunikasi, broadcast, penulis skenario, masyarakat yang menginginkan wacana tentang kreatif televisi dan orang-orang broadcast tv.

Tabik.



Informasi buku ini bisa anda lihat pada :
http://tvLab.bLogspot.com
http://www.andipublisher.com

1 comment:

PNMF said...

Sudah dipasarkan ya Mas? Kok saya belum nemu di toko buku. Selamat Tahun Baru 2009!